Beranda Barito Selatan DPRD Barsel harapkan pemkab proaktif tangani banjir

DPRD Barsel harapkan pemkab proaktif tangani banjir

134
0

ZONAKALTENG, Buntok-DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan pemerintah kabupaten setempat proaktif dalam menangani banjir yang melanda sejumlah desa di wilayah setempat.

“Kita meminta kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui instansi terkait dan semua stakeholder agar segera melakukan penanganan terhadap korban banjir,” kata ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, H. Zainal Khairuddin, di Buntok, Senin.

Ia meminta kepada instansi dan semua stakeholder terkait agar membuat posko evakuasi maupun tenda-tenda darurat bagi warga yang mengungsi apabila debit air bertambah naik.

Zainal Khairuddin meminta Dinas Kesehatan Barito Selatan supaya siaga dalam menangani apabila ada warga yang terdampak banjir sedang sakit.

Sebab lanjut dia, pada saat banjir wabah penyakit seperti penyakit diare dan penyakit-penyakit lainnya akan bermunculan.

Selain itu, politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan ini juga meminta kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) setempat sesegera mungkin menyalurkan bantuan sosial khususnya bagi warga yang terdampak banjir. Hal itu mengingat, kondisi perekonomian masyarakat yang sedang terpuruk.

“Apalagi pada saat ini kita masih diselimuti pandemi COVID-19, dan ditambah lagi dengan terjadinya bencana banjir,” ucap dia.

Disamping itu, Zainal Khairuddin mengharapkan pemerintah kecamatan dan pemerintan desa diharapkan proaktif dalam membantu warga yang membutuhkan.

Pada Kesempatan itu ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Barito Selatan ini khususnya warga yang terdampak banjir harus tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan, sebab saat ini masih pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19).

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat di kabupaten Barito Selatan supaya berdoa, semoga pandemi COVID-19 dan bencana banjir yang melanda sejumlah desa di daerah ini bisa segera cepat berlalu,” pungkasnya.H.Bayu/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here