Beranda Kapuas Relawan Kapuas Telah Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Katingan

Relawan Kapuas Telah Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Katingan

152
0

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas – Sejumlah komunitas tergabung dalam tim relawan Kapuas menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Katingan, pada Jumat, 11 September 2021 lalu.

Adapun sejumlah komunitas tersebut yakni Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), BPK Nurul Yaqin dan Komunitas Berbagi Nasi Jumat (Si Jum).

Ketua tim relawan Kapuas Peduli, Ferdinan Junarko mengatakan, bantuan yang telah disalurkan tersebut air mineral, sembako dan pakain layak pakai.

Hal tersebut merupakan wujud kepedulian kepada saudara saudara kita yang mengalami musibah banjir di Kabupaten Katingan.

“Ada dua lakosi yang kami salurkan bantuan berupa sembako dan air mineral,” kata Ferdinan Junarko, Senin, 13 September 2021.

Ia menyampaikan bantuan tersebut diserahkan langsung bagi warga terdampak banjir di dua titik yakni Tumbang Liti dan Kelurahan Kasongan Lama.

“Untuk titik lokasi harus menggunakan transportasi sungai karena akses jalan terendam air sehingga tidak bisa menggunakan transportasi darat,” ucap dia.

Ia menambahkan, sedikitnya 300 Kepala Keluarga terdampak banjir di Desa Tumbang Liti.

Didesa ini banjirnya paling parah, sehingga warga harus mengungsi ketempat lebih tinggi. Dan juga dubangun tenda-tenda pengungsian dan dapur umum.

“Mereka membutuhkan air mineral, serta untuk kesna harus ditempuh mengunakan sarana transportasi sungai,” imbuhnya.

Sementara dikelurahan Kasongan lama air sudah mulai surut, namun rumah warga masih tergenang air.

Melihat kondisi cuaca kemungkinan akan kembali banjir pasang karena ada 2 sungai yaitu Sungai Katingan dan Tumang Samba yang mengapit Kabupaten Katingan.

“Memang kondisi tempat tinggal pengungsian di tenda darurat sangat dibtuhkan selimut dan alas untuk tidur bagi perempuan dan anak anak, ” pungkasnya. (DJEMMY APOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here