Beranda Barito Selatan Ini Putusan Bawaslu Barito Selatan Terkait Laporan Pelanggaran Adminitrasi di TPS 5...

Ini Putusan Bawaslu Barito Selatan Terkait Laporan Pelanggaran Adminitrasi di TPS 5 Desa Palurejo

22
0

Barselnews, Buntok- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Barito Selatan memutuskan berdasarkan fakta persidangan yang dituangkan dalam surat putusan nomor : 02/LP/PL/ADM/Kab21.02/V/2019.

Menyatakan bahwa ketua dan anggota KPU Barsel terbukti secara sah melakukan pelanggaran adminitrasi Pemilu tentang tata cara prosedur dan mekanisme pendistribusian logistik.

Dan memberikan teguran tertulis kepada ketua dan anggota KPU Barito Selatan agar dalam melaksanakan pendistribusian logistik Pemilu berikutnya lebih cermat dan teliti.

“Hal tersebut putusan kita dalam sidang terkait laporan saudara Epatro adanya pelanggaran adminitrasi di TPS 05 Desa Palurejo,” kata Ketua Bawaslu Barsel, Nur Chambiyah kepada Barselnews. Senin, 27 Mi 2019.

Ditambahkan anggota Bawaslu Bidang Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Billyo Rentas mengatakan, dalam laporan sebelumnya pelapor meminta memberikan sangsi kepada KPU dan pembatalan di TPS 05 Desa Palurejo.

Namun, hasil pleno Bawaslu, lanjut dia, serta fakta dan saksi bahwa pembatalan tersebut bukan ranah atau tidak ada kewenangan Bawaslu.

“Kita hanya memberikan dua sanksi adminitrasi kepada KPU dan anggotanya,” ucap dia.

Sanksi tersebut yakni menyatakan bahwa ketua dan anggota KPU Barsel terbukti secara sah melakukan pelanggaran adminitrasi Pemilu tentang tata cara prosedur dan mekanisme pendistribusian logistik.

Dan memberikan teguran tertulis kepada ketua dan anggota KPU Barito Selatan agar dalam melaksanakan pendistribusian logistik Pemilu berikutnya lebih cermat dan teliti.

Sementara terkait permintaan pembatalan, lanjut dia, tidak dikabulkan karena berdasarkan keterangan saksi dan bukti tidak ada penyalahgunaan di TPS 05 desa Palurejo tersebut.

“Karena surat suara yang didistribusi sebanyak 277 yang digunakan sebanyak 180 surat suara. Sementara sisanya 97 surat suara diperlakukan oleh KPPS sesuai dengan prosedur,” beber dia.

Sisa surat suara tersebut, lanjut dia, dicoret kemudian dimasukan kedalam kotak suara serta dimasukan atau ditulis di C1. Tidak ada peserta pemilu atau pihak-pihak lain yang dirugikan. (UR/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here