Beranda Pulang Pisau Satgas COVID-19 Pulpis Ingatkan Masyarakat Disiplin Jalankan Prokes Selama libur

Satgas COVID-19 Pulpis Ingatkan Masyarakat Disiplin Jalankan Prokes Selama libur

50
0

ZONAKALTENG, Pulang Pisau-Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau, Salahudin mengingatkan masyarakat di wilayah setempat agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan selama masa libur nasional dan cuti bersama.

“Selama libur nasional dan cuti bersama ini, masyarakat diminta agar tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sosialnya,” katanya, di Pulang Pisau, Jumat, 30 Oktober 2020.

Dikatakannya, dalam melaksanakan aktivitas sosial masyarakat diingatkan supaya menerapkan 3 (tiga) M yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker serta menghindari kerumunan.

Sementara untuk Perangkat Desa lanjut Salahudin diimbau agar tetap berkoordinasi dengan PKM dan Pustu setempat, terutama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, terutama di wilayah yang masih ada kasus Positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Melalui Tim Penegakan Disiplin dan Prokes C19, kita tetap memberikan edukasi melalui razia masker, terutama di kawasan yang jadi pusat kerumunan,” tegasnya.

Untuk diketahui, pemerintah memang sudah mewanti-wanti soal cuti bersama berpotensi terjadi mobilisasi masyarakat ke lokasi wisata. Namun, Presiden Joko Widodo telah mengimbau agar momen ini tidak menjadi penyebab melonjaknya angka positif COVID-19.

Selain itu ia juga menjelaskan, libur nasional dan cuti bersama ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri.

SKB tersebut resmi dijadikan acuan cuti bersama dan libur nasional tahun 2020 yakni SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB No. 440/2020, 03/2020, 03/2020.

Dalam SKB tersebut, tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 adalah cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, dan sedangkan tanggal 29 Oktober 2020, adalah hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Untuk warga yang memiliki kepentingan mendesak dan atau melaksanakan perjalanan keluar daerah yang memanfaatkan momentum libur panjang terutama di daerah-daerah zona merah, diharapkan agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” demikian Salahudin.(Sendri/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here