Beranda Headline Dinkes Kapuas Sebut Bakteri Salmonella Penyebab Keracunan Massal Warga Desa Narahan

Dinkes Kapuas Sebut Bakteri Salmonella Penyebab Keracunan Massal Warga Desa Narahan

22
0

Barselnews, Kapuas – Dinas Kesehatan Kapuas menyebutkan bakteri Salmonella penyebab keracunan massal warga Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu.

“Munculnya bakteri salmonella tersebut karena penyajian makanan yang tidak higienis yang disajikan pada saat Buka Puasa Bersama (Bukber) saat itu,” kata Kepala Dinkes Kapuas, Apendi melalui sekretaris, Raison. Kepada wak media, Selasa, 28 Mei 2019.

Raison mengatakan, hal tersebut berdasarkan hasil penelitian sampel makanan yang telah diambil pihaknya dari laboraterium Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Palangka Raya dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Semua sampel makanan hasil pemeriksaan menyatakan, nasi, telur, bumbu masak merah, kurma dan roti terkontaminasi bakteri salmonella,” ungkap dia.

Artinya, lanjut dia, makanan yang disajikan saat buka puasa Safari Ramadhan Pemkab Kapuas tidak higenis yang mengakibatkan keracunan massal.

Ia menambahkan, padahal pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan penyuluhan pangan kepada masyrakat untuk selalu membudayakan hidup sehat dengan memperhatikan kesehatan lingkungan. Apalagi untuk penyajian makanan yang dikonsumsi orang banyak wajib memperhatikan kebersihan.

“Setiap Puskemas teelah kita tempatkan tim yang sudah diberikan pelatihan. Agar setiap kegiatan melibatkan orang banyak bisa berkoordinasi, untuk melakukan pengecekan kelayakan makan yang disajikan apalagi dihadiri Bupati,” beber dia.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang sudah diperbolehkan pulang apabila masih merasa ada gejala mual dan pusing bisa berobat ke posko yang disediakan dinas kesehatan.

“Kita sudah mempersiapkan posko kesehatan bagi masyarakat di tempat kejadian jadi bisa berobat kalau ada gejala pusing dan muntah,” pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here